Senin, 22 Oktober 2012

Pilih & Simpan Ikan Segar



detail berita
(Foto: gettyimages)
UNTUK kebutuhan protein hewani yang lebih sehat, ikan adalah pilihan terbaik. Setelah memeroleh ikan segar, Anda perlu pula memerhatikan cara penyimpanannya.

Belilah ikan segar, terlebih jika ikan masih di dalam wadah dingin. Jika Anda berencana mengolah ikan untuk makan malam, pastikan Anda tahu apa yang harus dicari ketika memilih ikan.

Tempat terbaik untuk mendapatkan ikan segar adalah pasar ikan segar. Atau jika Anda tinggal di wilayah yang dekat dengan ke laut dan tempat budidaya ikan air tawar, Anda bisa memanfaatkannya untuk memilih ikan yang baru ditangkap dan dibawa langsung dari nelayan ke pasar ikan.

Jika Anda tidak bisa ke pasar ikan, cobalah mencarinya ke supermarket sedini mungkin untuk memilih dengan bebas ikan segar yang dipajang di etalase. Pastikan meminta pelayan untuk menyentuh dan mencium ikan untuk memastikan kesegarannya.

Simak trik lain ketika membeli ikan di bawah ini, seperti dikutip Ehow.
Perhatikan kondisi ikan

Ikan segar memiliki daging mengkilat dengan insang berwarna merah terang dan tidak berlendir. Mata ikan pun harus terlihat segar, terang, dan terbuka lebar untuk sebagian spesies ikan. Fillet ikan segar seharusnya tidak kering atau berwarna gelap pada daerah sekitar tepi, ikan tidak berwarna mencurigakan, ataupun basah pada bagian-bagiannya.

Bau ikan

Ikan segar memiliki bau yang ringan dan segar. Ikan seharusnya tidak memiliki bau amis yang kuat atau bau asam.

Sentuh ikan

Ikan segar harus lembut saat disentuh. Kulit harus kembali dengan mudah bila Anda menekannya.

Perlu diperhatikan, makanan laut sebaiknya disimpan dalam lemari es untuk menjaga kesegarannya dan digunakan paling lama 2 hari setelah dibeli. Jika Anda tidak akan langsung menggunakannya, bungkus ikan dengan plastik lalu segel dalam wadah kedap udara dan simpan di freezer(ftr)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Info Perikanan - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger