Senin, 22 Oktober 2012

Mendeteksi Ikan Salmon Segar, Mudah Kok!



detail berita
(Foto: corbis)
MEMILIH ikan salmon bisa dibilang mudah, apalagi ikan ini berbeda dengan jenis ikan lainnya, mulai dari bentuk, rasa, serta tekstur. Bagaimana cara mengukur kualitasnya?

"Jenis ikan yang paling mudah dideteksi adalah ikan salmon. kalau mau diberi bahan pengawet atau pewarna juga tetap bisa diketahui ikan salmon segar atau tidak," jelas Dwi Irawan, Chef Sushi Resto Poke Sushi, kepadaOkezone di Hotel Crowne, Jakarta, baru-baru ini.

Chef Dwi menambahkan, bagian pertama yang mudah diketahui apakah ikan salmon masih segar atau tidak adalah kulitnya. Kulit ikan salmon cenderung mengkilat karena memiliki butiran-butiran putih yang selalu mengeluarkan cahaya. Apabila bagian kulitnya sudah dibersihkan, ikan salmon segar juga tetap terlihat mengkilat.

Selain itu, kepala ikan salmon juga menjadi jalan mudah untuk mengukur kesegarannya. "Anda bisa lihat dari matanya. Mata ikan salmon segar terlihat bening, dan bila sudah tidak segar akan berubah menghitam atau memerah," imbuhnya.

Sementara, insang ikan salmon segar akan berwarna merah dan tidak berlendir. "Untuk lebih pasti, Anda bisa menciumnya karena ikan salmon punya aroma yang khas," ujarnya.

Selanjutnya, untuk mengetahui ikan salmon segar atau tidak, lihatlah dari dagingnya. Chef Dwi menegaskan, daging ikan salmon segar akan kenyal atau kembali saat ditekan. (ftr)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Info Perikanan - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger