Senin, 22 Oktober 2012

Memilih Ikan Segar



detail berita
Foto: Istimewa
IKAN selalu enak disantap dengan beragam olahannya, mulai dari digoreng kering, dibakar, diolah menjadi pepes, atau disajikan dengan sambal dan lalap.

Sebelum menikmati kelezatannya, Anda tetap harus membeli bahan utamanya, yaitu ikan. Meski begitu, ternyata bukan perkara mudah untuk membeli ikan. Salah memilih ikan, bukan ikan segar yang Anda peroleh, justru ikan amis yang sudah tak segar lagi.

Nah, untuk Anda yang ingin membeli ikan segar, berikut tip praktisnya:

1. Carilah ikan yang bersih, segar, dan ditaruh di es. Amati badan ikan dan pastikan tidak ada noda atau warna keabu-abuan yang mengindikasikan bahwa es tidak teratur diganti. Pastikan tidak ada cairan menggenang.

2. Jika ingin membeli ikan kemasan, perhatikan kebersihan dan kekeringannya. Hal terpenting, jangan sampai ada bau ikan yang menyengat.
3. Sense atau perasaan adalah senjata terampuh dalam memilih ikan. Pilih jenis ikan yang diinginkan dan perhatikan badan ikan dengan saksama. Bentuk ikan yang sedang berenang. Sisiknya harus cerah dan mengkilap, dengan jarak antarsisik yang wajar.

4. Ikan yang tampak kering dan warna daging memudar menandakan penurunan kualitas ikan. Mata ikan harus tampak bening dan menonjol. Bagian insang juga harus berwarna kemerahan dan tampak bergelembung (seperti ada gasnya), serta tidak lengket.

5. Rasa daging merupakan salah satu indikator kesegaran ikan. Daging ikan yang baik harus padat dan elastis. Artinya, jika ditekan, daging akan kembali ke semula dan tidak meninggalkan jejak tangan Anda.

6. Bau juga merupakan indikator yang sangat mudah dideteksi. Bau menyengat dari ikan busuk biasanya sangat tajam dan menyebar. (nsa)
 0 0
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Info Perikanan - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger