Senin, 22 Oktober 2012

Ikan Sehat dalam Menu Keluarga


detail berita
Foto : Dok. Sindo
PROSES pengolahan yang mudah, rasanya yang gurih, lezat, dan bergizi, membuat menu berbahan daging ikan menjadi santapan favorit keluarga di Indonesia.

Hampir di seluruh dunia, orang mengenal ikan sebagai bahan makanan yang sangat dibutuhkan tubuh. Daging ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berperan melindungi jantung.

Daging ikan juga mampu menurunkan kolesterol, memperbaiki fungsi dinding pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah. Karena banyaknya manfaat menu masakan daging ikan, mengonsumsinya menjadi pilihan cerdas. 

Manfaat dan fungsi daging ikan bagi tubuh juga diperkuat oleh berbagai penelitian untuk mengetahui manfaat daging ikan. Hasilnya didapat sekitar 5.000 penelitian yang menyatakan kalau daging ikan bisa mengurangi tingkat serangan jantung koroner.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, proses pengolahan daging ikan menjadi menu bercita rasa tinggi bisa dengan berbagai cara. Mulai dari dibakar, digoreng, hingga dibuat sup maupun gulai, ikan tetap memiliki cita rasa menggugah selera.

"Menurut pengamatan saya, pilihan ikan paling favorit dimulai dari Jepang, Indonesia, hingga Eropa adalah daging ikan salmon. Setelah salmon baru ikan tuna," kata Ruddy Adiguna, seorang juru masak di restoran Kalibata. Untuk mendapatkan ikan yang memiliki kandungan vitamin dan nilai gizi tinggi, Ruddy mengaku perlu kehati-hatian dalam membeli ikan di supermarket maupun di pasar tradisional.

"Kalau membeli ikan, periksalah dulu insangnya. Pilihlah ikan yang memiliki insang yang masih merah dan matanya terlihat jernih dan tidak kabur. Itu adalah ciri utama ikan masih segar," sarannya.

Dalam proses pengolahan, pria paruh baya yang berpengalaman bertahun-tahun di dunia kuliner tersebut mengatakan, ketika hendak memasak, daging ikan harus dibersihkan terlebih dahulu. Caranya,insang ikan dibuang juga isi perutnya, kemudian cuci hingga bersih.

"Insang itu adalah tempat banyak parasit. Jadi lebih baik membuang semua insang ikan sebelum ikan dimasak. Demikian juga kalau ikan diasinkan, buanglah insangnya sebelum digoreng," ucapnya. Agar hidangan yang disajikan terasa lebih menggigit lidah, Ruddy menyubutkan, setelah ikan dibersihkan dan semua sisik dibuang, taburi badan ikan dengan air garam.

"Setelah mengolesi ikan dengan air garam luar-dalam, rendam kembali ikan dengan perasan jeruk nipis.Ini membuat daging ikan terasa segar ketika dikonsumsi," tutur pria berkacamata itu. Khusus bagi mereka yang ingin melakukan diet menyehatkan, makan ikan dapat menjadi solusi.

Hal ini karena daging ikan juga banyak disarankan dokter untuk dikonsumsi walaupun sedang berdiet. Manfaat menyantap daging ikan untuk mengurangi risiko kekurangan nutrisi dan tidak membuat tubuh kelebihan bobot. (nsa)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Info Perikanan - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger