Kamis, 29 September 2011

TPI Karang Song Makin Berkembang

 
Sistem pembayaran tunai yang dilakukan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karang Song, membuat para nelayan suka membawa ikannya ke tempat lelang itu. Di samping, jaminan keamanan bagi para nelayan di sana sangat baik. Kondisi itu membuat TPI ini makin berkembang.

Demikian dikemukakan Manajer TPI Karang Song, Indramayu, Jawa Barat (Jabar), Rusmandi (43), di ruang kerjanya di Indramayu, akhir pekan lalu.
Selain itu, keluar masuk kapal dari mulut muara ke TPI, relatif dekat sehingga bisa ditempuh dalam waktu singkat. Karenanya, nelayan yang datang atau merapat di TPI itu tidak hanya dari Indramayu saja. Tapi, ada juga nelayan dari Jakarta dan Jawa Tengah. Semua aktivitas itu alhasil menjadikan TPI tersebut memiliki omset terbanyak di Indramayu.
Pada Desember 2009 besaran omset mencapai Rp. 11,9 miliar atau menampung ikan sekitar 1.406 ton. Kalau dirata-ratakan, hasil tangkapan per hari mencapai 45 ton. Pada Januari 2010, telah tercapai omset sebanyak sekitar Rp. 15 hingga Rp. 16 miliar.
Ada juga kategori kapal yang singgah di TPI itu. Pertama yang masuk klasifikasi besar (30 GT=gross tonase) ke atas bisa memasok omset antara Rp. 50 - Rp.80 juta. Kapal berukuran sedang antara 15 GT - 20 GT, mampu menyetor ikan senilai Rp. 20 - Rp. 40 Juta rupiah. Kapal nelayan yang berukuran relatif kecil 0 - 5 GT, hanya mampu memasok senilai Rp. 500 Ribu hingga Rp. 3 Juta.
Ia menjelaskan, untuk Raman (penjualan ikan dalam satu tahun), untuk tahun 2008 lalu mencapai Rp.153,9 miliar. Pada tahun 2009 meraup Rp. 147 miliar. Kondisi ini terjadi karena adanya fluktuasi harga.
Agar TPI ini makin berkembang, ia mengharapkan dukungan pemda setempat untuk membangun lokasi bagi pengolahan ikan asin di sekitar TPI. Kemudian memberikan permodalan untuk para bakul ikan, memperbaiki sarana jalan mulai dati depan TPI hingga kemulut muara karena rusak berat. Juga membangun landing (tempat senderan parkir kapal).(*/Budi seno)
Sumber : Suara Karya, 25 Januari 2010. Hal. 13

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Info Perikanan - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger