Sabtu, 24 September 2011

Ekspor Perikanan ke AS Belum Terpengaruh Krisis

DENPASAR, JUMAT - Ekspor komoditas perikanan Indonesia ke Amerika Serikat sekarang belum begitu besar pengaruh akibat krisis keuangan yang melanda negara itu. Namun, ke depan tidak tertutup kemungkinan terkena imbasnya.   
"Berbagai upaya dilakukkan agar produksi bidang perikanan tetap dapat dipasarkan, tanpa menimbulkan kerugian pada nelayan," kata
Dirjen Perikanan Budidaya Departemen Kelautan dan Perikanan Dr Ir Made L Nurdjana di Denpasar, Jumat (10/10).
Selesai mengadakan pertemuan dengan jajaran Dinas Perikanan kabupaten/kota se-Bali yang dipimpin Kepala Dinas Perikanan Provinsi Bali Ir Gusti Putu Nuriartha, ia mengatakan, ekspor komoditas perikanan ke Amerika Serikat berdasarkan kontrak dan kerja sama.
Ia mengatakan, realisasi ekspor sekarang masih didasarkan atas kontrak yang telah ditandatangani pengusaha setahun yang lalu. "Jika kesulitan keuangan AS itu tetap berlangsung hingga tahun depan, tentu akan berpengaruh terhadap ekspor hasil perikanan Indonesia," ujar Dirjen Nurjana.
Ia mencontohkan, ekspor udang Indonesia setiap tahunnya mencapai 100.000 ton, 50 ton di antaranya ke pasaran AS. "Berbagai upaya dan strategi dilakukan agar petani udang Indonesia tidak merugi dan tetap bisa berproduksi," kata Dirjen Nurdjana.
Upaya tersebut antara lain mencari pasaran ke negara baru di luar AS, di samping memanfaatkan pasaran dalam negeri. Udang yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia tidak perlu kualitas satu dengan harga Rp 40.000 per kilogram, tetapi cukup kualitas dua atau tiga dengan harga Rp 20.000 per kilogram.
Petani untuk menghasilkan udang kualitas satu membutuhkan pemeliharan selama empat hingga lima bulan, sementara untuk kualitas dua atau tiga hanya perlu pemeliharaan selama dua bulan. Dengan mempercepat waktu pemeliharaan, petani bisa memanen udangnya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, harganya separuh dari harga ekspor, namun petani tetap untung. Berbagai upaya yang menguntungkan petani ikan itulah yang diterapkan dalam mengantisipasi kesulitan ekonomi AS.

Sumber :http://www.kompas.com/lipsus112009/kpkread/2008/10/10/14135258/Ekspor.Perikanan.ke.AS.Belum.Terpengaruh.Krisis

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Info Perikanan - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger