Sabtu, 24 September 2011

Teknologi Minim, Penangkapan Ikan Tak Maksimal

BANTUL, RABU - Masih rendahnya pengetahuan dan penerapan teknologi, membuat penangkapan ikan di perairan Indonesia tak maksimal. Padahal, stok ikannya sangat melimpah. Kekayaan ikan di perairan nusantara itu justru banyak dicuri oleh nelayan asing.
Hal itu disampaikan Bupati Bantul Idham Samawi, saat melepas 68 siswa SMK I Sanden, yang akan mengikuti kerja praktik di kap
al penangkap ikan. "Bila teknologi bisa kita kuasai, potensi kekayaan laut akan tergarap maksimal. Sebagai Kabupaten yang memiliki wilayah laut, Bantul juga harus menguasai teknologi tersebut, " katanya, Rabu (26/11).
Salah satu cara untuk mengembangkan teknologi penangkapan ikan adalah dengan mencetak sumber daya manusia yang memadai. Bantul sudah memiliki SMK yang secara khusus menggeluti bidang kelautan. Makanya harus didorong, apalagi jurusan ini juga menjanjikan lapangan pekerjaan, katanya.
Idham berharap kehadiran SMK I Sanden bisa mencetak nelayan-nelayan handal, yang mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat Bantul. Dengan profesionalitas dan teknologi modern, para taruna dan taruni seharusnya bisa mengelola kekayaan laut di wilayah pesisir Selatan lebih maksimal.
Menurut Kepala Sekolah SMK I Sanden, Ahmad Fuadi peserta kerja praktek akan disebar ke beberapa wilayah. Sebanyak 15 siswa jurusan Nautika Penangkap akan dikirim ke wilayah Pulau Bali, 36 siswa lainnya ke Juwana Pati. Selain itu masih ada 17 taruni jurusan Teknologi Perikanan yang akan dikirim ke Cirebon. Seluruh peserta berasal dari kelas XI.
Mereka akan berada di laut selama 3-6 bulan. Hal itu tergantung dengan kondisi cuaca dan persediaan ikan. "Bila cuacanya bagus, mereka bisa lebih cepat selesai, " katanya.
Selama mengikuti kerja praktek, para taruna dan taruni akan diperlakukan sebagai pekerja biasa sehingga mendapatkan hak upah. Namun demikian, para siswa diingatkan untuk tidak terobsesi pada upah tersebut. "Yang terpenting adalah mendapatkan ilmunya bukan upahnya," ujarnya.

Sumber :http://nasional.kompas.com/read/2008/11/26/17492337/teknologi.minim.penangkapan.ikan.tak.maksimal

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Info Perikanan - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger