Sabtu, 24 September 2011

Perikanan Terkendala Infrastruktur Buruk

JAKARTA, JUMAT - Tidak adanya dukungan infrastruktur memadai di daerah potensial sumber daya ikan (SDI) memperburuk iklim investasi di sektor tersebut.
    
"Selama ini yang menjadi salah satu problem investasi di sektor perikanan belum tersedianya infrastruktur, ataupun dukungan prasarana bagi investor, khususnya di daerah yang memang memiliki potensi perikanan," kata Direktur Riset dan Kajian Strategis IPB, Arif Satria, saat dihubungi di Bogor, Jumat (23/1).
    
Menurut Arif, kebanyakan lokasi yang cocok untuk mengembangkan usaha di sektor perikanan memang berada di daerah, yang kebetula
n belum memiliki infrastruktur dan prasarana yang memadai.
    
Untuk itu, dosen Fakultas Ekologi Manusia IPB  ini mengatakan, investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya di sektor perikanan harus mengeluarkan dana cukup besar. Karena, selain membangun industri, investor harus membangun atau memperbaiki prasarana lain seperti listrik, air, akses jalan, ketersediaan BBM, maupun irigasi untuk budidaya.
    
Ia mencontohkan kurangnya dukungan prasarana dapat dilihat dari belum adanya sistem irigasi yang baik untuk perikanan budidaya. Padahal, menurut dia, pemerintah dapat mengintegrasikan irigasi pertanian dengan perikanan budidaya.
    
"Irigasi untuk perikanan budidaya belum ada, selama ini kan hanya untuk pertanian. Seharusnya sekarang itu bisa disinergikan," ujar Arif.
    
Pada Refleksi 2008 dan Outlook 2009 Pembangunan Kelautan dan Perikanan, tercatat target investasi sektor perikanan tahun 2008 mencapai Rp 7 triliun, tetapi realisasinya hanya mencapai Rp 2,58 triliun.

Sumber :http://www.kompas.com/lipsus052009/antasariread/2009/01/23/11525886/Perikanan.Terkendala.Infrastruktur.Buruk..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Info Perikanan - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger